Senin, 09 Februari 2015

cara menentukan judul

TIPS DAN CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN

Jika orang pada umumnya menghindarkan diri dari masalah, sebagai peneliti anda harus mencari masalah”

Pemilihan judul tentu saja akan menggambarkan tingkat kedalaman dan cakupan dari sebuah penelitian yang akan dibahas. Bagi pembaca, judul akan dianggap mewakili bobot sebuah hasil penelitian yang akan ditulis, bahkan merupakan gambaran mutu tulisan yang akan digarap. Meskipun pada dasarnya, judul penelitian bisa ditetapkan setelah penulisan penelitian baik berupa karya ilmiah,skripsi dan sebagainya. Karena dengan cara ini, judul bisa lebih sesuai dengan apa yang sebenarnya ditulis, mengingat selama proses penulisan ada kemungkinan terjadi pergeseran fokus. Namun karena kebutuhan administrasi akademik, maka mahasiswa biasanya diminta memasukkan judul terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian dalam pembuatan skripsi.
Dengan adanya judul, pembaca dapat mengetahui gambaran-gambaran  isi pada penulisan tersebut tanpa membaca lebih dalam.  Dengan membaca judul, pembaca sudah tahu obyek yang diteliti, wilayah penelitian dan metodologi penelitian yang digunakan. Sehingga dapat diketahui bahwa fungsi pokok dari  sebuah judul  adalah bahwa ketika membaca judul, setidaknya pembaca sudah tahu gambaran tentang apa yang tertulis dalam skripsi atau laporan penelitian lainnya.
Judul merupakan hal pertama yang terlihat dan seringkali dipertanyakan. Untuk itu, judul haruslah menarik bagi pembaca untuk menyimak lebih lanjut lagi.
Memilih dan menetapkan judul harus memperhatikan hal-hal berikut:
  •   Masalah yang diambil bersifat baru. Ada baiknya mengembangkan dan menemukan sesuatu yang baru tentu akan  lebih dihargai daripada hanya sekadar meniru apa lagi plagiasi (jiplak)
  • Tema yang sedang tren (hot topik). Tema yang sedang tren biasanya akan memenuhi persyaratan kampus dan akan disetujui oleh pembimbing. Seorang peneliti juga tak perlu ragu untuk bertanya kepada pembimbingnya tentang topik yang hangat dikalangan bidang studinya.
  • Mengetahui hakikat dasar perbedaan jenis penelitian. Hal ini dirasa begitu penting sehingga peneliti nantinya mampu menggunakan metode penelitian sesuai dengan penelitian yang dilakukan.
  • Judul tersebut harus menarik minat si peneliti. Faktor menarik dan dapat membangkitkan minat peneliti merupakan sesuatu yang dapat mendorong dan membangkitkan semangat kerja dalam setiap langkah penelitian.
  •   Judul yang dipilih mampu untuk dilaksanakan  peneliti. Mampu di sini dimaksudkan dapat melakukan penelitian dan cukup waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian tersebut dengan didukung oleh dana yang telah diperhitungkan untuk biaya penyelesaian penelitian dengan judul yang dipilih.
  • Judul hendaknya mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti. Peneliti sudah bekerja bersusah payah, hendaknya hasilnya berguna untuk diri sendiri, masyarakat dan ilmu pengetahuan. Sehingga,dengan judul yang dipilih ada manfaatnya.
  • Judul yang dipilih hendaknya cukup data yang tersedia. Data di sini dimaksudkan pula data sekunder dari kepustakaan yang ada untuk memperoleh teori dan konsep-konsep yang kelak digunakan pula untuk menyusun hipotesa penelitian.
  • Hindari terjadinya duplikasi judul dengan judul lain. Jika terdapat dua judul yang sama, orang sering mengatakan salah satunya tiruan atau plagiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar